First Challenge: Love Story

Oke. Sekarang udah sekitar tiga bulanan gue tinggal di asrama. Dan nggak jarang gue ngeliat temen-temen sekamar gue tukeran cerita gitu. Mereka nulis cerita (novel atau cerpen atau sebangsanya) dan mereka tukeran dan saling ngasih komentar. Sebagai seorang yang doyan nulis, gue bener-bener ngiri sama mereka. Kayaknya asik banget.

brainstorming or decision makingGue nggak bisa kayak mereka karena beberapa bulan yang lalu, ada semacam insiden kecil yang berhubungan sama hard disk gue yang kemudian menyebabkan hilangnya data satu hard disk. Leptop gue pun terpaksa diinstall ulang. Dengan begitu, otomatis cerita-cerita yang pernah gue tulis tuh ilang semua. Termasuk ke karakter setiap tokohnya yang udah gue susun sampe sedetail-detailnya. Pokoknya waktu itu gue depresi abis. Tapi sekarang sih udah move on #cieeee

Sekarang kendalanya mungkin tugas. Tugas banyak tapi gue hobi prokras. Jadinya ga selese-selese tuh. Gue lebih suka ngedoodle di sketchbook gue. Ditambah gue sekarang punya kegiatan lain yang lagi serius gue garap. Jadinya buku juga udah jarang gue baca. Lah, nulis apalagi. Inspirasi aja gak pernah singgah di otak. Jadi gue nemuin jalan buntu sebuntu-buntunya gue. Stuck. Bulan ini adalah bulan yang paling nggak produktif buat gue. Tapi tetep aja, gue ngiri banget ngeliat mereka tuker-tukeran cerita gitu. Dan setengah sadar gue bilang gini ke mereka, “Yaudah, tantang gue bikin cerita!”

Mereka melongo.

Niatnya sih biar ada semangat buat gue nyari cerita dan bisa nulis lagi. Tinggal mereka nanti yang ngritik dan menghina-hina karya gue. Tapi jujur gue lebih suka kritik yang kasar gitu. Semakin harsh si kritik itu, semakin semangat guenya #diemdiemmaso

Trus gue sambung deh, “Iya. Tantang gue bikin cerita. Cerita apa aja deh terserah kalian…” <- sumpah ini sok jago banget. Trus si Diza ketawa, tapi trus dia mikirin bakal ngasih gue cerita jenis apa. Dan apapun genre-nya, bakal gue coba tulis.

“Komedi, deh…” katanya. Trus nggak lama, si Diza ngebatalin sendiri, “Eh, jangan deh. Komedi lu pasti bisa. Cari yang lain dulu.” katanya. Anyew… “Yang tragis-tragis juga lu pasti bisa. Jadi jangan deh…” lanjutnya. Si Disti sih ngangguk-ngangguk aja, nyetujuin argumennya Diza. Gue mulai keringet panas dingin. Gila, gue bakal dikasih cerita kayak apa nih. Udah gak punya inspirasi, sok-sok nantang orang lain lagi. Udah nantangnya setengah sadar. Dodol banget.

“Cerita yang cinta-cintaan aja.” tantang Diza. Si Disti, yang emang dari sononya doyan banget sama cerita roman ya langsung setuju gue dikasih cerita kayak gitu. Sampe tepok tangan kecil lagi. Seneng banget gue menderita. Gue garuk-garuk kepala aja. Bingung sendiri. Gak perlu nyesel.

Oke… Gue akui, gue emang nggak begitu tertarik sama cerita roman. Kalo buka komik online juga gue lebih suka nyari yang tipe-tipenya kayak psikologi, slice of life, sama misteri gitu. Lagian cerita roman biasanya shoujo. Dan gue nggak begitu suka sama gaya gambar komik shoujo. Dan jujur aja, walaupun di cerita karangan gue juga kadang ada romannya, tapi gue belom pernah bikin cerita yang emang genrenya roman. Jadi ini emang sesuatu yang baru buat gue. Gue jadi ngerasa excited, tapi males dalam waktu yang bersamaan. Excited karena ini adalah hal baru buat gue, tapi males karena yang bakal gue kerjain nanti tuh not my cup of tea. So, you know…

Akhirnya gue kerjain juga kan. Sekarang sih masih tahap pembentukan karakter sama storyboard-nya. Belom sampe masuk ke cerita intinya. Tapi walaupun roman, masih gue masukin “kebiasaan” gue dalam bikin cerita. Gue sering bikin cerita yang tokoh utamanya tuh antagonis. Gue suka sama tokoh utama yang punya sifat berengsek. Lebih menarik aja. Kalo nonton film juga gue sering ngedukung tokoh antagonisnya. Nggak ngerti kenapa…

Tapi beneran, kok, mau gue selesain tantangan itu. Sekalian biar ada pemicu biar nulis lagi.

2 thoughts on “First Challenge: Love Story

Leave a Reply

