Thailand

Sawatdi Ka!

Ah… Udah nggak keitung lagi udah berapa kali gue ngomong “Gue suka Thailand!”

Walaupun dari segi penampilan penduduknya nggak jauh beda sama Indonesia, tapi tetep aja gue ngerasa kalo Thailand selalu punya magnet tersendiri yang terus-terusan narik gue. Seakan-akan mereka bilang, “Ayo… Maen ke Thailand! Sini… cepeeet!!!”

Ada banyak hal yang gue suka dari Thailand. Gue suka kultur mereka, bahasa mereka, vacation spot, dll, dll. Beberapa bulan belakangan ini gue juga mempelajari bahasa mereka. Gue suka aja mempelajari bahasa asing khususnya kalo bahasa itu punya aksara tersendiri, kayak Thailand ini. Bahasanya juga unik, ada nada-nada tertentu, jadi kayak nyanyi gitu deh.  Cara bacanya mirip-mirip dengan membaca tulisan Arab lah. Cuma aja bentuk dan simbolnya lebih beragam. Dan lebih rumit aja…

Oh iya, banyak hal yang bisa diliat di Thailand. Kalo gue lagi browsing tentang Thailand, hal-hal yang pasti gue temuin adalah:

1. Pantai

Mereka punya pantai yang bagus banget! Indonesia juga punya banyak banget banget pantai yang bagus. Tapi enggak tau kenapa, setiap gue ngeliat pantainya Thailand kayaknya tuh… beda aja gitu. Kayak misalnya pantai di Krabi misalnya.

Yang di atas itu pemandangan di Krabi. Pas ngeliat batu “nangkring” gitu gue langsung, “Wah!” gitu… Unik.

2. Kuil

Bukan Thailand namanya kalo nggak banyak kuil-kuil Buddha. Dan mereka selalu berhasil bikin gue kagum sama kerajinan tangan mereka yang bisa bikin emas-emas itu menjadi suatu hiasan kuil yang unik, bagus, dan punya nilai religi yang tinggi.

Gue selalu berpikir kalo di dalam foto aja begini, apalagi kalo gue ngeliat yang aslinya. Bayangin ya… Pas terik-teriknya panas, trus ngeliat kuil yang terbuat dari emas yang mantulin cahaya matahari.

3. Long Neck Tribe

Ini dia… Suku leher panjang di Thailand! Kalo browsing tentang Thailand tapi nggak ngeliat suku ini pasti aneh. Soalnya setiap kali gue browsing tentang negara ini, pasti suku yang satu ini nggak bakal kelewat. Mereka ada di Mae Hong Son.

Katanya di suku itu, semakin panjang leher si perempuan, maka semakin dia dianggap cantik. Mereka mulai dipasangin cincin-cincin itu sejak umur 5 tahun. Ya… dibilang cincin juga bukan sih. Pada dasarnya, logam itu tuh bentuknya panjang gitu kayak kabel. Trus dililit deh di leher. Semakin umurnya nambah, maka semakin panjang juga “kabel” yang melilit leher mereka. Alhasil leher mereka jadi keliatan nambah panjang.

Tapi kalo dipikir-pikir lagi, sebenernya bukan leher mereka yang nambah panjang. Tapi pundak mereka yang terus menurun karena kedesek “cincin-cincin” itu. Ya, mau bagaimanapun, jumlah tulang leher nggak bakalan nambah :)

4. Gajah Putih

Apa gajah-gajah itu adalah gajah albino? Gue nggak tau. Yang pasti, Thailand juga terkenal sama gajah putihnya.

5. Kathoey

The last but not least, the Kathoey! Hahaha… Siapa sih yang nggak tau Kathoey Thailand? Itu lho… cowok-cowok unyu yang menghabiskan sisa hidup mereka sebagai cewek. Biasanya kathoey itu cantik-cantik. Malah ada yang ngalahin kecantikan cewek-ceweknya. Tapi kalo di sana, hal ini udah biasa napa… Malah sampe diadain kontes kecantikannya gitu!

Cewek cantik ini juga dulunya pernah jadi cowok. Tapi sekarang dia jadi salah satu kandidat Miss Tiffany Universe 2007. Itu kontes kecantikan khusus kathoey di Thailand. Dan resmi!

Hahahaha… Ini sih alesan gue aja biar bisa mejeng foto-foto kathoey Thailand xD

Sebenernya ada lagi sih… Kayak nightlife misalnya. Nightlife di sana udah ajib banget. Mangkanya gue takut masang foto nightlife Thailand di blog gue. Takut kena RUU APP/ITE atau apalah namanya itu. Gak asik banget.

Trus, menurut gue, tempat paling asik di Thailand itu ada di Bangkok. Buat yang suka clubbing trus langsung tobat ya kesini aja. Banyak night club sama kuil juga soalnya. Trus ada Chiang Mai buat yang suka travelling ke kampung (suku leher panjang juga ada di sini). Trus buat lo yang suka diving lo pasti bakalan suka sama Similan. Trus ada juga Phuket yang banyak pantai-pantainya yang banyak dijadiin tempat bulan madu sama bule. Trus Ayutthaya bagi yang suka sama pemandangan kota kuno, dan Koh Lipe yang pantainya buaguuuuus banget!

Kalo sempet dan diizinin, gue pasti bakal ke Thailand. Amin…

3 thoughts on “Thailand

Leave a Reply

