cara menulis huruf korea di windows 7

hallyu wave emang lagi unjuk gigi. musik mereka banyak diterima di berbagai macam negara di dunia. nggak terkecuali di indonesia. kalo gitu, otomatis banyak orang yang mempelajari budaya mereka dong. mulai dari belajar aksara-aksaranya yang cukup njelimet, sampe ke susunan kata-katanya yang bener-bener kebalikan dari sistem spok yang kita pelajari sejak esde.

nah, bagi kalian yang udah bisa nulis hangul (huruf korea) di kertas mungkin ada yang penasaran sama cara nulis huruf korea di komputer. itu lho, ngetik pake ms. word gichu… ini sih cara buat di windows 7, tapi buat windows vista juga bisa kok. udah lah, ga usah banyak ba bi bu (basa basi busuk). langsung aja ke prosesnya, hoho…

a. klik start > control panel > region and language

kalian klik aja tuh tombol lingkaran yang bersinar itu. trus langsung menuju control panel dan cari aja pengaturan region and language. klik!

b. keyboard and languages > change keyboards

 1. jelas kan? klik keyboard and languages lalu akan muncul tampilan seperti yang di atas itu.

2. pilih change keyboards. dan apapun yang bakal kalian tulis akan segera berubah.

c. add language!

klik add language buat menambah opsi bahasa. sebenernya inilah kunci dari semua pengaturan keyboard di dunia (halah). di situ banyak pilihan bahasa yang bisa lo pilih sesuka lo.

d. cari opsi bahasa korea

1. ya karena opsi bahasanya banyak, jadi ya teliti aja. klik tanda plus kecil yang ada di samping kirinya tulisan “korea” itu, dan akan muncul beberapa opsi. pilih keyboard, trus ceklis tanda “microsoft ime” aja. kenapa? karena kalau lo ceklis juga tuh kotak “korean”, maka seluruh sistem di komputer kamu bakalan berubah jadi bahasa korea juga. nggak masalah buat lo yang emang udah gape bahasa korea. tapi bagi yang belom bisa, ya saran gue sih jangan dulu deh…

2. klik tombol “ok” yang indah itu.

e. klik apply

tahap akhir nih, setelah semua tahap dijalani dengan tertib, lo tinggal klik tombol “apply” deh. sebenernya klik “ok” juga bisa sih. tapi kalo mau nyari aman sih klik apply aja.

dan setelah ini, kalian bisa menulis dalam ms. word kalian itu dengan huruf hangul. manse!!! tapi kalian harus ngatur ke pengaturan huruf korea dulu sebelom ngetik. soalnya suka nggak suka, sistem dasarnya masih bahasa indonesia/inggris. dan gini cara ngaktifinnya.

gue jelasin. lo coba intip tuh sebelah pojok kanan bawah desktop kalian. naaah, liat simbol huruf “in” atau “en” kan? itulah kuncinya. klik tombol itu, lalu pilih opsi “korean (korea)”. trus, kalo lo mau langsung nulis huruf hangul, langsung aja klik tombol “a” itu, ntar dia bakal berubah jadi tombol dengan tulisan “가” atau dibaca “ka”. soalnya kalo tombol “a” itu tetep aktif, lo bakalan tetep ngeliat alfabet. soalnya itu dipake buat romanization gitu. nah, di sampingnya itu ada tombol “hanja”. klik itu aja kalo lo mau nulis pake huruf hanja.

trus, trus…

nah, inilah tampilan akhirnya. lo bisa langsung ngetik di keyboard dan muncullah huruf hangul. whooo… daebak!

nah, masalahnya… urutan tombol hangul tuh nggak sama kaya yang ada di tangan kita ini. jadi lo harus ngapalin lagi urutannya. yaaah… kalo gitu, ini gue kasih contekannya!

tinggal tahan tombol shift buat ngaktifin karakter yang di atasnya. misal di tombol “q” itu ada karakter “p” dan di atasnya ada karakter “pp”. jadi lo cuman tahan shift sambil klik tombol q itu buat dapetin karakter “pp”. oke?

Q : Trus trus… Tombol 와 “wa”, 왜 “wae” dan sebangsanya tuh nyempil di mana ya? Kok gue nggak liat???

Mmmm… Gini, karakter-karakter kayak gitu tuh emang nggak ada di keyboard. Tapi masih bisa diketik kok, tenang aja. Cuman diliat dari bentuk karakternya aja bisa ketauan kok. Kayak misalnya mau nulis “wa” kayak barusan. Lo cuman harus pencet tombol D+H+K aja. Tombol D buat karakter “ㅇ”, trus tombol H buat karakter “ㅗ” dan tombol K buat karakter “ㅏ”. Kalo dibaca secara keseluruhan, karakter ㅗ dan ㅏ itu jadi membentuk sebuah karakter baru yang berbunyi “ㅘ”. Jadi pada dasarnya, semua karakter “tambahan” itu adalah gabungan dari beberapa karakter yang udah ada. Contohnya: ㅇ + ㅗ + ㅏ = 와 “wa”

Untuk mempermudah, gue kasih contekannya :D

와 = wa = D+H+K

왜 = wae = D+H+O

워 = wo = D+N+J

웨 = we = D+N+P

위 = wi = D+N+L

의 = ui = D+M+L

Gimana?..

hal ini juga berlaku buat semua bahasa. jadi kalo lo mau ngetik atau menulis dalam huruf jepang, lo cuman butuh ngulang bagian d dan klik “japanese”. dan kalo mau nulis bahasa russia tinggal klik yang “russian”. gitu aja kok… simpel kan?

eh, masih belom bisa? yang keluar tuh cuman kotak-kotak nggak jelas gitu? oh… itu mungkin karena di komputer lo belom ada font koreanya. nih dah, mumpung gue lagi baik, gue kasih direct downloadnya di sini.

ya, semoga berguna lah. tutorial pertama gue ini, masalah komputer lagi. jadi maaf kalo masih belepotan.


64 thoughts on “cara menulis huruf korea di windows 7

  1. gomawo :D
    tp kok dilepi aku ga bisa ya?? ga muncul tulisn kor gitu dipjok kanan bwah??
    mhon dibales ya, cz aku pngen ngetik hangul nih.. :D

    • Sama-sama :)
      Untuk masalah itu, coba klik kanan di taskbar lepi-nya. Trus di list paling atas ada menu “toolbars”, klik di situ. Setelah itu, klik “language bar”. Nanti muncul icon bahasanya.
      Semoga membantu :)

  2. wah , mantap ini..
    maksih artikelnya
    tapi agak sulit kayaknya untuk ngapalnya T_T !!
    cara yang mudah untuk cepat ngapalnya gmana yah ???

    • maksudnya buat ngapalin hangul di keyboard?
      kalau mau dicoba, stiker keyboard hangul bisa banyak ngebantu kok. ntar kalo udah kebiasaan juga lancar sendiri :)

    • ya itu sih tergantung tipe hape chingu ya. soalnya beda hp, beda region, beda juga bahasa yang tersedia di hp tersebut.
      biasanya sih chingu harus download format bahasa korea. atau bisa juga ke support center hape chingu buat install bahasa korea.
      semoga membantu :)

  3. heyyy… Makasih yaaa… Sekarang q dah bisa ngetik pake hanggul tanpa aplikasi lagi :) kalau yg russian q sudah pernah coba, nah yang korean itu ternyata q waktu itu salah centang kotaknya… Ternyata yg ms.ime itu aja ya…. Thanks berat ya :) salam kenal :)

  4. wah…akhirnya rasa penasaranku terbayar juga!
    sejak bisa hangul, aku pengen ngetik2 pake hangul, tapi nyari2 cara di internet pada membingungkan, akhirnya nemu yg ini, dan akhirnya bisa!!!
    정말 감사합니다….

  5. terimakasih banyaaak! betul betul lengkap dan saya berhasil gara gara tips dari sini. daritadi muter-muter cari info yang lengkap, eh disini. gomawo banget yaaaa :)

  6. Icon A ku kok gak bisa keluar sih kak? Jadinya aku gak bisa nulis hangul nih.. Huaaaa. Ajarin gimana caranya, Di taskbar adanya cuma KO sama gambar keyboard gitu. :(

    • kamu di setting keyboardnya pasti nge-check kolom “korea” ya? coba yang itu diilangin checklist-nya.
      kalo kamu nge-check kolom itu, yang akan keluar emang keyboard virtual dan ribet jadinya.

      • malah gak ada language barnya -,- gmna ini udah di coba beberapa ali gak ada terus..
        tolong saya!??!!

      • kalo gitu coba cara ini:

        ke control panel, klik region and language, pilih tab keyboards and language trus klik change keyboards.

        lalu akan keluar window baru (text services and input languages). pilih tab language bar. nah, di situ ada beberapa pilihan lagi, pilih docked in the taskbar. di bawahnya juga ada beberapa option. pastikan kamu udah nyontreng show text labels on the language bar.

        semoga membantu.

  7. saya udah klil kanan ditask bar., dan pilih toolbars tetapi tidak ada pilihan “language bar”. gimana ya? tk

    • hmm, ada juga commenter lain yang punya masalah yang sama. tapi coba cara ini:

      ke control panel, klik region and language, pilih tab keyboards and language trus klik change keyboards.

      lalu akan keluar window baru (text services and input languages). pilih tab language bar. nah, di situ ada beberapa pilihan lagi, pilih docked in the taskbar. di bawahnya juga ada beberapa option. pastikan kamu udah nyontreng show text labels on the language bar.

      semoga membantu.

  8. chingu buat tambahan aja kalo pada gak hapal letak tulisan hangul nya chingu bisa buka Start-ketik di search “On-Screen Keyboard” habis itu muncul virtual keyboardnya buat Windows 7…gomawoo :D

  9. oh ia kak. bukannya dulu ada huruf hangul yg huruf ㅇ diatasnya ada kaya huruf ㅂ. itu masih bisa di tulis gak kak???? kaya mana nulisnya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s