Malaysia VS Indonesia

tau bola kan? kalau tau, bagus! karena gue lagi pengen ngebahas tentang bola di postingan kali ini. itu lho, piala AFF yang barusan. gak asik banget.

Q: kenapa gak asik bro?

tenang… gue udah bikin rangkuman yang ajib (mpreet). dengan melibatkan sistem aksi-reaksi, gue berhasil bikin rangkuman yang hasoy buat dijadikan bahan diskusi (mpreeeeeet).

pertandingan kali ini banyak banget yang bikin gue gak semangat nontonnya. super duper mengecewakan. skor akhirnya 3-0, men… dan itu buat tuan rumah, malaysia. kalo begini, di pertandingan selanjutnya indonesia harus ngebobolin 4-0. harus. kalo gak, 3-0 juga lah. biar seri, adu penalti. tapi kalo gitu jadi gak seru lagi. eh, apa tambahan waktu? yah, yang pasti gue pasti ngarepin indonesia bisa menang.

mulai deh, agak kacau sih, tapi baca aja dah…

aksi : suporter malaysia yang gak punya etika. kayak pake laser buat nyilauin mata pemain indonesia, khususnya si kiper. trus ngelempar petasan ke tengah lapangan. men, itu gak keren banget. keliatan gak punya sportifitas! dan hal-hal itu sekali lagi nyoreng nama malaysia di mata bangsa indonesia.
reaksi : pemain indonesia kesel. mereka udah maen sportif, tapi diganggu sama kelakuan yang sama sekali gak keren! curang banget. dan gara-gara itu, pertandingan sempet dihentikan, kan? dari sini keliatan udah gak asik nih… dan mulai saat itu, gue ngeliat operan-operan pemain indonesia nyangsang mulu ke pemain malaysia. kurang konsentrasi? ya. suasana hati jadi gak bagus? pasti.

aksi : permainan indonesia gak se-ngotot waktu tanding sama thailand. operan-operan melempem. dan saat itu, malaysia punya kesempatan nyerang, dan itu dimanfaatkan dengan baik oleh mereka. mereka gempur terus tuh gawangnya markus. markus yang masih kesel gara-gara laser, shock juga, digempur pula. kebobolan deh.
reaksi : semangat indonesia makin ciut. belom juga shock therapy pasca kebobolan selesai (jiah, bahasanya…), lagi-lagi malaysia ngebobolin lagi sampe dua kali. dan mereka bertahan sampai akhir.

emang sejak awal gue ngerasa permainan indonesia ga kaya yang kemaren-kemaren. orang-orang yang berjaya pas maen sama filipina dijaga ketat. hasilnya jelas, okto yang biasanya ada di mana-mana, jadi gak keliatan. dia gak bisa lari. gonzales apa lagi. gak keliatan sama sekali. maman? satu kata, aneh. kali ini dia maen jelek. irfan, orang yang diharepin sama indonesia buat bisa ngerubah kondisi, juga ga maksimal. zulkifli, buru-buru + maksa.com. bepe, masuk saat-saat terakhir. jadi gue ngerti kalo udah susah buat ngebalikin kedudukan. markus? kena ranjau. dia terlalu marah buat ada di lapangan. PSSI? ya ampun, jadi artis aja gih! ngudang infotainment mulu!

jadi kesimpulannya, indonesia kalah voting. (lho?!)
gini, coba deh bayangin kalo do’a itu sistemnya mirip voting. ayo bayangin… bayangin! udah? bagus. sekarang coba lu semua do’a buat indonesia supaya menang, “ya Tuhan, menangkanlah indonesia di pertandingan ini, amin…” oke, itu dihitung satu suara, buat indonesia.
lanjut…
nah, orang malaysia juga berdo’a kayak begitu buat negaranya. hitung lagi satu suara buat malaysia.
langkah selanjutnya, ada geografi-geografinya dikit. hitung populasi penduduk masing-masing negara, satu orang satu suara, rumus : 1 X jumlah penduduk total = total suara.
agak ngaco, sih… tapi, bodo amat dah. oke, mari berhitung!
malaysia : 1 X jumlah penduduk malaysia = banyak. jadi dia punya banyak suara.
indonesia : 1 X jumlah penduduk indonesia = lebih banyak. jadi kalo dihitung dari total voting do’a indonesia menang banyak. jadi harusnya indonesia bisa menang karena banyakan do’a yang minta supaya indonesia menang. eh, tapi tunggu…
ada yang kurang. indonesia kan menang mulu tuh sejak awal, jadi mungkin negara yang pernah dikalahin indonesia pada ngedukung malaysia. jadi rumus buat malaysia harusnya : 1 X jumlah penduduk malaysia + jumlah penduduk negara yang pernah dikalahin indonesia = total suara. banyak banget, dong?!

yah, tapi bukan begitu cara kerja Tuhan. dia bekerja dengan cara yang misterius. entah apa rencana Tuhan dengan dimenangkan atau dikalahkannya indonesia. yang pasti nggak pake cara hitung seperti yang gue lakukan barusan.

kalaupun indonesia kalah, mereka kalah dengan terhormat. karena sejak awal para pemain indonesia gak maen curang. misalnya: nyilauin pemain lawan pake laser <– frontal. lebih baik begitu daripada menang karena bantuan sinar laser, seperti yang dilakukan malaysia SEJAK AWAL dimulai AFF.

6 thoughts on “Malaysia VS Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s