the binatang peliharaan saga : ayam

ayam kan enak rasanya kalo digoreng. dan sebenernya itulah tujuan gue melihara ayam. huahahahahhh…

berawal dari suatu sore pas gue masih tk. pas pulang dari jakarta, bokap gue bawa dua ekor hewan mungil dan lucu. dan dari suaranya aja gue udah bisa nebak kalo isinya tuh ayam. kata bokap, ayam itu buat gue sama nyokap gue. satu ayam cewe, dan satunya lagi ayam cowo. ayamnya kecil-keciiiilll banget. bukan cuma karena mereka masih kecil. tapi juga kerena mereka itu jenis ayam kate. alias ayam cebol.

nyokap gue kesenengan lah dapet ayam yang unik gitu. waktu itu gue masih belom ngerti ayam kate itu apa. tapi tetep aja gue kegirangan. yang gue tau, ayam itu enak rasanya kalo digoreng! gue memutuskan untuk melihara yang cowo. jadi, nyokap gue melihara yang cewe.

kali ini, dan untuk pertama kalinya, hewan-hewan peliharaan gue punya nama dong. gue kasih nama tuh ayam gue, namanya adul. sedangkan punya nyokap gue dinamain boncel. iseng, gue kasih marga tuh si adul. nama marganya tuh sekianti. jadi nama panjang ayam gue tuh adul sekianti. trus nyokap gue ikutan pake nama marga itu. jadilah namanya boncel sekianti. dan selama beberapa hari, adul sekianti hidup bersama boncel sekianti di dalam kardus kecil. sementara bokap gue bikinin kandang buat mereka.

setelah kandang jadi, mereka pun pindah ke kandang. dan setiap pagi gue keluarin mereka buat sekedar maen-maen. dan gue masukin lagi ke kandang pas waktu menjelang magrib. jujur, gue sayang banget sama si adul. abisnya dia itu keren banget! walaupun badannya kecil, tapi dia bisa berkokok dengan mantap. udah gitu, dia itu lincah. sedangkan si boncel. dia itu contoh ibu rumah tangga yang baik. pas si adul lagi asik-asikan maen sama gue, si boncel tuh ngumpulin makanan buat dimakan bareng si adul. gue juga ga ngerti kenapa bisa gitu. intinya tuh mereka akur banget.

hingga pada suatu hari, bokap gue bikin jembatan buat nyebrangin kali di depan rumah. kabar baiknya, gue jadi bisa ngebrangin kali. tapi kabar buruknya, si adul jadi demen ngebolang ke jalanan. walaupun kalo magrib dia langsung pulang ke kandang, tapi gue ga bisa ngontrol apa aja yang dia makan selama dia di jalanan. sedangkan si boncel tuh ngendog di kandang.

tiba-tiba, si adul sekianti sakit berat! dia cengo aja di dalem kandang. gak tau kenapa. matanya beraer. jadi bokap gue ngasih obat ke si adul. gue udah nangis aja. takut si adul mati. tapi Tuhan berkata lain. seminggu kemudian, si adul mati. mayatnya gue kubur di halaman rumah. bahkan sampe gue bikinin batu nisannya (batu gepeng biasa, gue tulis pake kapur). gak tanggung-tanggung. gue undang temen-temen gue cuma buat naburin kembang di atas kuburannya. dasar anak teka…

tiga hari kemudian, si boncel sakit juga. lebih parah dari si adul. sampe badannya warna ijo. dan bener aja, seling tiga hari juga, si boncel nyusul si adul. mungkin dia udah cape men-janda kali. kuburannya ada di sebelah kuburannya si adul. pake batu nisan juga, sama disiramin kembang juga. ga tau dah apa yang gue pikirin waktu itu…

beberapa tahun kemudian…

gue udah kelas 1 sma. si iyel (adik gue) udah kelas 1 esempe. dan tetangga gue masih kelas 3 esde punya ayam kecil warna-warni (disepuh). si iyel tanya, katanya tetangga gue itu dapetnya dengan cara masang. kalo beruntung, dengan uang 1000 aja dia bisa dapet ayam kecil warna-warni itu. nah, si iyel nitip. 2000 tuh. dapet dua ayam. satu warnanya ijo, satunya warna pink.

trus gue minta juga. eh, dapetnya warna merah sama warna kuning. yaudah deh, dipelihara, gue poto-potoin (abisnya lucu, warna-warni). gue latih terbang, gue bersihin kandangnya, dll.

nah, mereka kan gak selamanya kecil dong. mereka juga tambah besar. kardus udah ga muat lagi. jadi kakak gue bikinin kandang buat mereka. gak kerasa, mereka ternyata cepet banget gedenya. warnanya juga ilang. aslinya mereka tuh putih-putih. badannya juga sekel-sekel…

dan, arisan keluarga selanjutnya tuh di rumah keluarga gue. dan bokap gue berencana buat motong mereka, dan bikin mereka jadi ayam rica-rica. tapi, seketika rencana awal gue dalam melihara ayam, hilang! gue kasian sama ayam-ayam itu. mereka nurut, lugu, tablo, tanpa dosa… sayang aja mereka gak tau kalo mereka tuh ditakdirkan madesu (masa depan suram).

dan beneran, as arisan, mereka bener-bener jadi ayam rica-rica! dan gue memutuskan untuk gak memakan mereka. kasian abisnya…

dan kisah gue dalam memelihara ayam pun selesai.

to be continued…

next issue: hewan yang pengen gue pelihara

6 thoughts on “the binatang peliharaan saga : ayam

  1. tersesat didunia blog.. mo nimpuk tuan rumah pake komeng, meninggalkan jejak :D
    moon permitted nyah…
    salam ayam.. tega banget si ayam uda dipiara masi dimakan juga.. ;( kalo aye ye lebih iklas ayam rica2 dari ayam potong dapet piaraan pasar dah.. ikhlas bener.. hiks.. kesian tuh ayam arwahum…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s