the binatang peliharaan saga : ikan hias

setelah di postingan yang sebelumnya gue ngedongeng tentang kelinci-kelinci gue, sekarang gue mau ngebahas tentang ikan-ikan peliharaan gue.

putri duyung = ikan hias paling keren

putri duyung = ikan hias paling keren

 

sebagian besar ikan hias yang pernah gue pelihara itu adalah ikan emas. kenapa? karena ikan emas paling murah harganya. gampang dipelihara juga. ikannya gak minta macem-macem, juga engga ambekan. tapi, bukan berarti gue gak melihara ikan lain selain ikan emas. gue juga pernah melihara ikan emas koki (yeeeh… sama aja itu mah!).

ikan-ikan ini gue bagi jadi beberapa kloter.

a) kloter 1

lokasi pemeliharaannya tuh di kolam ikan depan rumah gue. di situ, gue melihara ikan emas, kira-kira 6 ekor… trus ikan mas koki 3, ikan gaby (bentuknya kecil-kecil warna merah) sama ikan sapu-sapu. kolamnya sih kecil, cetek, jadi gampang dibersihin. kerennya, banyak anak tetangga atau sodara gue yang masih kecil (sekitar 2-4 tahunan) yang kecebur kolam itu. tapi, di sinilah tragedinya terjadi.

saat itu, gue perhatiin kok jumlah ikan gaby gue lama-lama tambah sedikit. biasanya kan mereka kalo beranak tuh banyak. sering lahiran juga. udah kayak kagebunshin aja tiba-tiba ada banyak. tapi semakin hari kok makin gak ada. ada apa gerangan?

beberapa hari kemudian, bokap gue ngeliat ada hewan tak diundang berenang di kolamnya. dia ngejar-ngejar ikan-ikan gaby gue. dan setelah diperhatikan baik-baik, ternyata hewan itu adalah… ular kecil.

jadi dia tuh biang keroknya. pantesan ikan gaby-nya lama-lama abis. ternyata dimakanin sama tuh uler. si uler itu gak bisa makan ikan-ikan yang lainnya karena ukurannya yang jauh lebih besar dibanding congornya si uler itu. dan yang jadi sasarannya tuh ya para gaby tadi, yang badannya kecil-kecil. dan keluarga gue baru sadar pas ada kejadian itu kalo rumah ini sering kedatengan uler gara-gara di depan rumah ada kolam renang sekaligus toilet terpanjang sekampung (baca: kali). jadi, dari situlah ulernya berasal.

akhirnya, bokap gue beli aquarium, dan mindahin ikan-ikan yang masih hidup ke sana. dan ya, masih ada sisa ikan gaby-nya.

b) kloter 2

ikan-ikan yang berhasil survive diselamatkan ke aquarium. dan kolam ikan itu dihilangkan. gara-gara kejadian itu, bokap gue jadi sayang sama ikan-ikan dan mulai beli ikan hias model lainnya. jadi yang menghuni aquarium itu cukup banyak. selain penghuni lama, ada juga penghuni baru seperti ikan black ghost. warnanya hitam dan kalo jalan tuh menyerong, bentuknya kayak bendera yang memanjang dari atas ke bawah (yang biasa dipake di perumahan). trus ada juga ikan discuss (baca: diskes), berukuran setengah telapak tangan, warnanya biru bergradasi perak, dan badannya gepeng. kalo dia lagi mabok, jalannya kalo ga oleng ke kiri pasti jadi mendatar. trus ada ikan layang-layang, ikan louhan sama ikan yang bentuknya mirip ikan tongkol tapi garis-garis.

ikan black ghost

ikan black ghost

gak ada kendala yang berarti pas melihara ikan-ikan ini. cuma aja kegiatan sehari-hari keluarga gue tambah banyak. gue aja sekolah dari pagi sampe jam empat sore. jadi waktu buat ngurus ikan-ikan ini jadi sedikit. dari pada mereka mati gara-gara gak keurus, jadi keluarga gue memutuskan untuk menjual ikan-ikan itu. dan aquariumnya juga.

c) kloter 3

karena kolam udah gak ada, aquarium juga kaga ada, jadi gue pake aja toples bekas kopi buat melihara ikan-ikan gue yang baru. gak terlalu keren sih, tapi sekarang gue melihara ikan cupang. yang slayer. itu juga gak sengaja pas nyokap gue nukerin botol ke tukang loak, trus berhadiah ikan cupang. dan karena nyokap gue rajin nukerin botol-botol kosong, alhasil ikan cupang di rumah gue bertambah jumlahnya.

dan sampe sekarang, belom ada yang mati.

enggak, semua ikannya gak gue kasih nama. gila aja kalo gue kasih nama. bedainnya aja gue kaga bisaaa… lagian, emang ikan tuh nyamperin kalo kita panggil namanya?

ehem… petualangan gue dalam memelihara hewan gak berhenti sampai di sini aja. nantikan kelanjutannya.

next issue: ayam!

2 thoughts on “the binatang peliharaan saga : ikan hias

  1. busyet dah.
    kalo akusih gak telaten deh
    yang aku punya cuma ikan di aquarium ama kucing yang tiap malm keyuluran ntah kemana. baru pulang pagi.
    ckck
    ikan aja yang ngurus adekku
    haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s