Just Read

Ini adalah beberapa buku yang udah pernah gue baca, dan bakal gue komentarin. Ya, semacam resensi, tapi lebih singkat dan padat.

Tujuannya sih biar gue bisa dapet temen yang punya minat yang sama dalam membaca :D

the hunger games – by suzanne collins / gramedia

salah satu buku dengan ide terkeren yang pernah gue baca. bersetting di masa depan ketika amerika sudah hancur dan digantikan oleh negara baru. dan diadakan sebuah permainan yang menyangkut hidup dan mati yang melibatkan para remaja-remaja dari masing-masing distrik. suzanne pinter banget pas bikin dialog. dia tuh nulis seakan-akan tokoh-tokohnya benar-benar hidup dan perasaan dari masing-masing tokoh tuh tersampaikan dengan baik melalui dialog itu. bahkan tanpa harus dia jabarkan kalo si a benci sama si b dan seterusnya. she got the mystery, action and romance… dan ketika harus memilih antara cinta dan ego.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

the lincoln rhyme thriller: the twelfth card – by jeffery deaver / gramedia

salah satu dari buku “berat” yang bernah gue baca! isinya penuh trik dan kamuflase. bercerita tentang perjalanan seorang detektif yang sedang menyelidiki sebuah kasus yang menimpa seorang remaja kutu buku yang cerdas. beruntung si kutu buku itu selamat dari upaya pembunuhan itu. tapi siĀ  pembunuh itu gak bego. si rhyme ini sempet kemakan jebakan yang dibikin oleh si pembunuh, dan akhirnya dia harus mengulang penyelidikannya. dan ternyata, yang dicari oleh si pembunuh itu adalah sesuatu yang sama sekali gak terduga. bacaan bagus buat orang yang suka dengan novel detektif.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

sherlock holmes novels – by sir arthur conan doyle / alice saputra communications

siapa sih yang gak kenal sama detektif yang satu ini? semua ceritanya bisa bikin gue ikutan mikir tentang apa yang akan terjadi selanjutnya dan siapa pelaku sebenarnya. intrograsi yang cepat dan detail, dan cara penyelesaian suatu kasus yang menarik. kamuflase dan trik seperti gak mempan kalo udah berhadapan dengan holmes. ditulis dari sudut pandang watson, sahabatnya. dan ketika ia menceritakan betapa hebatnya si holmes ini. itu terasa amat nyata. kasus-kasus yang menarik, dan cara berpikir holmes yang jenius. keren lah pokoknya. two thumbs up!

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

spy candy – by gina robinson / oak tree

satu lagi novel bertema mata-mata yang sepertinya lebih ditujukan kepada pembaca wanita. bercerita tentang seorang perempuan yang sedang diberi hadiah oleh sahabatnya untuk mengikuti perkemahan mata-mata dengan uang hasil menang lotre. perkemahan yang melatih seseorang agar menjadi mata-mata professional yang dilatih oleh mantan anggota cia dan kepolisian. dia harus memerankan seorang mata-mata bernama domino, yang nakal dan tak tahu malu. dan tindakan-tindakannya yang tak terduga justru membongkar sebuah rencana pembunuhan sungguhan yang membahayakan bagi perkemahan tersebut. perpaduan misteri dan roman yang menarik. “jangan percaya pada siapapun!”

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

evernight – by claudia gray / bhuana ilmu populer

cerita fiksi yang bener-bener gak terduga! menceritakan seorang gadis yang harus tinggal di asrama yang menyeramkan. dia sama sekali gak suka berada di sekolah itu, sampai-sampai dia mencoba kabur dan akhirnya digagalkan oleh seorang laki-laki yang berhasil membuatnya jatuh cinta. kisah mereka begitu mulus dan akhirnya mereka pacaran. tapi sesuatu yang salah, sangat-salah terjadi pada pesta dansa musim gugur sekolahnya. seketika mereka tahu bahwa mereka gak bakal bisa bersama. memburu, atau diburu? itu hanya masalah waktu. novel remaja yang menghibur. dan kelanjutannya bisa dibaca pada novel stargazer.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

ghost girl – by torey hayden / atria

ini novel hasil minjem temen sih. isinya cukup bagus. cerita tentang kehidupan sekolah remaja yang penuh persaingan dalam popularitas. charlotte juga ingin populer, dan dia berusaha keras untuk itu. tapi rencananya seketika terhenti oleh… kematian. ya, dia mati dengan cara konyol: ketelek permen kenyal berbentuk beruang. tapi petualangannya gak nyampe situ aja. dia mesti bersaing juga dengan teman-teman-setannya di alam kematian. lucu, dan banyak kata-kata bagus dalam novel ini. novel ini bikin gue lebih bisa menghargai arti sebuah kehidupan.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

immortal in death - by j. d. robb / gramedia

ini novel detektif lagi. dengan kasus yang rumit. ketika seorang letnan polisi harus menyelesaikan sebuah kasus pembunuhan yang melibatkan sahabatnya sendiri, dan pada saat hari pernikahannya akan berlangsung pula. berita pembunuhan terhadap seorang top model itu menyebar cepat. dan akhirnya, letnan polisi eve dallas harus terjun langsung ke dalam dunia bawah tanah model yang suram. dunia malam, narkotik kelasĀ  atas, dll. bacaan yang membuka dunia dari sisi yang berbeda. keren banget dah!

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

islamic rose books: islam di sudut arizona – by linda d. delgado / tiga serangkai

novel yang bisa dibaca oleh semua kalangan. empat orang sahabat yang masih duduk di bangku sekolah dasar itu memang unik. di sini, rose -si tokoh utama- banyak menceritakan hari-harinya dengan sahabatnya itu. dan salah satu dari mereka adalah muslim. mungkin satu-satunya muslim yang ada di sekolah itu. dan si kecil rose sepertinya tertarik dengan dunia islam. novel ini menjelaskan beberapa hal tentang islam dengan cara yang mudah dipahami. kekompakkan persahabatan mereka yang tulus tanpa memandang suku bangsa, ras dan agama adalah hal yang paling gue rasain pas baca buku ini. bacaan bagus bagi mereka yang ingin mengenal islam.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

muhammad: laki-laki penggenggam hujan – by tasaro g. k. / bentang

ini… novel paling “berat” yang pernah gue baca! novel biografi nabi muhammad saw yang benar-benar menggambarkan sosok beliau yang sebenarnya. dan inilah islam yang damai, yang sesungguhnya. cerita dari beliau masih kecil, sampai akhir hayatnya. cara berpikirnya, pengorbanan dan halangan-rintangan dalam menyebarkan agama Allah bisa bikin gue lebih mencintai rasul yang satu ini. gue yang biasanya langsung pusing kalo baca buku sejarah tuh sama sekali gak kerasa pas baca novel ini. ini juga buku yang “waw” buat mereka yang ingin lebih mengenal beliau dan islam.

============================================

aah… mungkin dari novel-novel yang udah gue sebutin di atas, lo bakal tau selera baca gue kayak gimane.

2 thoughts on “Just Read

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s